Saturday 25 April 2020

Hari ke-1 Berpuasa (1 Ramadan 1441 H)

Hallo sobatku sekalian...
Bagaimana puasa kalian semua hari ini?
Semoga full ya 🙏, jangan sampai batal puasanya 😅...

Saat ini, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya...
Dimana, bagi author pribadi, pada bulan puasa (bulan suci Ramadan) identik dengan salat tarawih berjamaah. Setelah salat tarawih selesai, biasanya diakhiri dengan bersama-sama membaca niat berpuasa. Namun, sekarang salat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal ini dikarenakan masih maraknya kasus COVID-19 (wabah coronavirus) yang harus membuat kita untuk sementara waktu menjaga jarak, minimalkan keluar rumah, dan minimalkan berkerumun dikeramaian. Hal tersebut dikenal dengan istilah social distancing. Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing dengan tujuan pencegahan dalam upaya menangani wabah coronavirus yang semakin meluas (penyebaran coronavirus), dimana saat ini masih pandemi terkait coronavirus.

Mungkin sobat sekalian punya cerita atau pengalaman tersendiri? Mungkin juga sobat sekalian masih ada yang bisa melaksanakan salat tarawih berjamaah di luar rumah misalnya di masjid, di musholla? ➞ Tulis dalam kolom komentar ya 🙏.

Mie Instan ➞ Salah Satu Makanan Andalan Anak Kosan

















Semenjak ditetapkannya 1 Ramadan 1441 H yang jatuh pada hari Jumat (24 April 2020), author pun mengadakan persiapan. Mulai dari persiapan mental sampai dengan persiapan makanan. Untuk makanan, author tidak begitu pusing dan ribet, secara author kan anak kosan. Andalan anak kosan, tidak jauh dari yang namanya mie instan 😋. Author pun pergi berbelanja ke minimarket untuk membeli beberapa mie instan, dimana makanan ini bisa disantap saat sahur dan atau saat ifthor (berbuka) puasa. Selain mie instan, author juga membeli kurma, pisang, dan susu.

Waktu pun terasa cepat berlalu ⏰...
Author pun bangun tidur, jam menunjukkan pukul 03.00 WIB 🕒. Rencananya mau ke luar kosan mencari makanan (mungkin saja masih ada atau banyak warung makan yang buka 24 jam). Tapi, rencana tersebut tidak terealisasikan karena mager 😅. Selain mager, author sebelumnya sudah makan malam, jadi masih sedikit berasa kenyang 😂. Alhasil, author sahur pertama dengan menu hidangan mie instan, pisang, kurma, dan susu, serta ditutup dengan banyak minum air putih. Lebih dari cukup untuk mengganjal perut sampai waktu menjelang berbuka puasa.

Jadi teringat tahun sebelumnya, ada salah satu warung makan langganan author dimana warung tersebut buka sampai menjelang sahur. Warung tersebut ramai pengunjung seperti pelajar, mahasiswa, pekerja, anak kosan, anak kontrakan, dll. Harga terjangkau dan makanannya pun enak, sangat cocok bagi author 😆. Tapi, warung tersebut untuk sementara tutup (tidak berjualan) semenjak pandemi coronavirus 😔😢.

Di bulan suci Ramadan ini, bersama-sama kita doakan semoga pandemi ini cepat berlalu ya sobat...
Amin 🙏🙏🙏.

Tak terasa waktunya berbuka puasa...
Author pun berbuka dengan kurma dan air putih. Belum sempat mencari makanan berbuka puasa di luar. Belum tahu juga kalau ada pedagang yang menjual makanan, biasanya banyak yang sudah berjualan (menjelang waktu berbuka puasa) di pinggir jalan ataupun di gang-gang jalan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini (saat masih dalam kondisi pandemi), author belum explore.

Mungkin dari sobat sekalian ada yang sudah explore? Atau punya cerita pengalaman di kala sahur dan berbuka puasa pada hari ke-1 kita berpuasa (1 Ramadan 1441 H)? ➞ Tulis dalam kolom komentar ya 🙏.

No comments:

Post a Comment