Friday 24 April 2020

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1441 Hijriyah

Hallo sobatku...
Apa kabarnya kalian hari ini?
Semoga selalu diberi limpahan kesehatan ya ๐Ÿ™...

Sobat sekalian sudah tahu kapan mulai puasa Ramadan di tahun ini?
Yapszz,,kalian benar๐Ÿ˜€...

Selamat datang bulan yang penuh berkah...
Selamat datang bulan yang penuh ampunan...
Selamat datang bulan yang penuh nikmat, pahala dilipatgandakan...
Selamat datang bulan suci Ramadan ๐Ÿ™...

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1441 Hijriyah





















Berdasarkan sidang isbat yang digelar oleh pemerintah pada hari Kamis, 23 April 2020 (tadi malam), telah ditetapkannya 1 Ramadan 1441 H jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020. Ketetapan tersebut diputuskan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia melalui sidang isbat.

Kira-kira sobat sekalian tahu apa itu sidang isbat?
Disini, author mencoba sedikit merangkum terkait istilah sidang isbat dan tentunya akan menambah wawasan dari sobat sekalian.

Sekilas tentang sidang isbat...
Sidang isbat (secara harfiah isbat berarti penyungguhan, penetapan, dan penentuan) adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. Di Indonesia secara populer sidang isbat sering dikaitkan dengan penetapan datangnya bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha, selain juga isbat nikah. Namun, jika dilihat dari topik bahasan postingan kali ini sidang isbat yang dimaksud adalah untuk menetapkan 1 Ramadan. Sidang ini diadakan satu hari sebelum hari yang diperkirakan sebagai awal bulan yang dimaksud. Dalam sidang ini, dihadirkan berbagai ulama, tokoh, dan organisasi masyarakat di Indonesia (“Sidang isbat”, September 26, 2019).

Sidang isbat dikenal dengan “ hafl ru’yah al-hilal ” yang artinya perayaan pengamatan hilal. Kegiatan ini diselenggarakan setelah terlebih dahulu menerima laporan dari tim yang melakukan pengamatan hilal di lapangan. Dalam prosesinya, sidang isbat dilaksanakan sesaat setelah matahari terbenam atau setelah melaksanakan salat Maghrib. Prosesi sidang isbat ini sendiri selain merupakan bagian dari fikih juga terkait dengan realita sosial. Sebab selain berkaitan dengan ritual ibadah puasa, datangnya bulan suci Ramadan ini menyebabkan perubahan drastis pola dan interaksi sosial di masyarakat sehari-hari menjadi lebih sejuk dan religius (Butar-Butar, 2019).

Sidang isbat merupakan suatu hal yang sangat penting bagi umat Islam (khususnya di Indonesia) karena menyangkut permasalahan ibadah, khususnya dalam penetapan 1 Ramadan, 1 Syawal yang berkaitan dengan waktu memulai dan mengakhiri ibadah puasa, idul fitri dan idul adha. Pelaksanaan kegiatan penetapan (isbat) rukyat hilal bertujuan mendapatkan keabsahan dan kepastian hukum, mencegah kerancuan dan keraguan sistem pelaporan, mempersatukan umat dan menghilangkan perbedaan pendapat di masyarakat. Mekanisme penetapan 1 Ramadan, Syawal, dan Zulhijah yang dilakukan pemerintah akan diputuskan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam sidang isbat (Nufus, 2018).


DAFTAR REFERENSI:

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Penentuan awal bulan di mesir dan arab saudi: konsep, mekanisme, dan problematika. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nufus, K. (2018). Sidang isbat penentuan awal bulan kamariah prespektif hukum islam. 3(1), 1–20.

Sidang isbat. (2019, September 26). Retrieved April 24, 2020, from https://id.wikipedia.org/wiki/Sidang_isbat


Terlepas dari semua itu, hari ini seluruh umat Islam di Indonesia sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan.
Atas nama pribadi dan sebagai author cadobalog mengucapkan...
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 1441 H...
Mohon Maaf Lahir dan Batin ๐Ÿ™...

No comments:

Post a Comment