Friday 22 May 2020

Melupakan Sebuah Kenangan Dirasa Sangatlah Sulit

Sumber: Rian (May 1, 2019)















Setiap manusia memiliki akal...
Dan setiap manusia, pasti memiliki daya ingat yang cukup luas...
Tidak hanya intelektual, melainkan juga memori spesial di dalam kehidupannya...
Bisa dibilang memori ini sangatlah berharga bak mutiara di lautan...
Namun, ada beberapa juga yang menganggap memori ini bila dikenang sangatlah menyedihkan bak menyayat hati...
Maksud dari memori disini adalah sebuah kenangan...
Kenangan akan masa lalu...

Seperti yang kita ketahui, bahwa di dunia ini pasti memiliki dua sisi...
Baik-Buruk, Jatuh-Bangun, Kaya-Miskin, dan sebagainya...
Tidak terkecuali pula dengan sebuah kenangan...
Jika kita flashback (mengenang sebuah kenangan di masa lalu), pastinya memiliki sebuah kenangan yang sifatnya membahagiakan dan menyedihkan...
Tapi, sebuah kenangan di dalam kehidupanku ini lebih banyak yang menyedihkan...
Adakah dari kalian yang kenangannya sama sepertiku?
Atau malah ada diantara kalian yang sedang membaca tulisanku ini ikut andil dalam kenanganku yang pahit dan menyedihkan ini?
Entahlah...
Hanya aku, kalian, dan Tuhan yang tahu...

Oke...
Namaku Mogan...
Aku dilahirkan dari sebuah keluarga sederhana dan sekarang bertempat tinggal di kawasan Jakarta Selatan...
Sebagai perantau, aku tidak akan lupa akan istilah " di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung "...
Sembari memperoleh pekerjaan yang layak, niatku juga untuk keluar dari kenangan yang setiap hari bila teringat akan sangat membuatku bersedih...

Kenangan-kenangan tersebut bila ku tuliskan dan jelaskan, mungkin akan sangat panjang sekali ceritanya...
Salah satu contohnya pada saat sekolah...
Mungkin dari kalian, ada yang tahu tentang bullying?
Ya, aku adalah salah satu orang yang terkena masalah itu...
Jujur saja, dampak dari hal tersebut sangat menyedihkan buatku pribadi...
Bahkan sampai aku pun sama sekali tidak mempunyai teman akrab...
Malu bila berteman denganku...
Dan aku pun akhirnya menutup diri...
Menjalani kehidupan layaknya air mengalir...
Serta mencoba tegar untuk berdiri sendiri...

Dengan harapan, bila aku keluar dari zonaku sekarang...
Merantau ke negeri orang, dimana aku bisa bertemu dengan orang lain yang belum saling kenal...
Aku bisa melupakan kenangan itu dan memulai lembaran baru...
Bagiku, sebuah kenangan memanglah sangat berharga...
Entah itu kenangan kebahagiaan ataupun kesedihan...
Namun, kenangan tetaplah kenangan...
Hal yang ingin dikenang atau sengaja ingin dilupakan...
Yang terpenting adalah saat ini...
Saat ini maksudnya masa sekarang, dimana aku ingin melakukan semua hal yang ingin ku lakukan...
Menjadi pribadi yang lebih baik dan mampu menghargai diri sendiri...

Lalu, bagaimana dengan kenangan?...
Menurut kalian, kenangan itu lebih baik tetap tersimpan dan dikenang atau lebih baik terbuang jauh-jauh dan dilupakan?
Saat ini, aku mencoba untuk melupakan kenangan yang pernah ada di dalam hidupku...
Namun, kurasa sangatlah sulit...
Di beberapa situasi, entah itu sedang menonton sebuah film, berjalan-jalan, melakukan pekerjaan, makan, minum, tidur, BAB/BAK, dan sebagainya...
Pasti akan berjumpa momen-momen dimana kita terbawa suasana yang berujung pada desakan memori untuk mengeluarkan ingatan akan sebuah kenangan di dalam kehidupan nyata kita yang sebenarnya...
Hal tersebut berlaku pula dalam diriku...


DAFTAR REFERENSI:

Rian, L. (2019, May 1). Video story wa lagu galau: kenanglah aku. Retrieved May 22, 2020, from https://www.youtube.com/watch?v=fOURjXBJSIM

No comments:

Post a Comment